Produk UMKM Kutim Menjanjikan dan Bisa Bersaing

  • Bagikan
Produk UMKM Kutim Menjanjikan dan Bisa Bersaing
Ketua Dekrasnada Provinsi Kaltim Hj Noorbaiti dan Ketua Dekranasda Kutim Hj Siti Robiah saat melihat mesin rotan

SANGATTA- Ketua Dekranasda Kaltim Hj Noor Baiti menilai, produk UMKM Kutim sangat menjanjikan dan diharapkan mampu beraing dengan produk luar daerah. Dia berharap, para pelaku usaha kecil dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam strategi pemasaran, sehingga juga memudahkan dalam mempromosikan produk kerajinan yang dihasilkan.

Istri Gubernur Kaltim Isran Noor ini melakukan kunjungan kerja ke Kutim, terkiat penyerahan bantuan satu unit mesin otan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Mikor Kecil Menengah (Disperindag dan UMKM) Provinsi Kaltim, Jumat (26/11/2021). Penyerahan meisn itu dilakukan di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Kutim, Kaltim.

Ketua PKK Provinsi Kaltim ini meminta agar para pelaku usaha kecil bisa memanfaatkan internet untuk mempromosikan produk hasil kerajinan di Kutim. “Sekarang kita dimudahkan dengan adanya teknologi informasi, yang bisa membantu memasarkan produk melalui internet,” kata Noor Baiti.

Bantuan alat mesin itu diserahkan perwakilan Disperindag dan UMKM Provinsi Kaltim kepada Ketua Dekranasda Kutim Hj Siti Robiah, disaksikan Ketua Dekranasda Provinsi Kaltim Hj Noor Baiti.  Pada kesempatan itu, Noor Baiti mengatakan,  bantuan mesin rotan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas kerajinan rotan yang ada di Kabupaten yang sudah berumur 22 tahun ini.

“Kalau hasilnya bagus, biarpun harganya mahal pasti orang akan beli, ” ujarnya dengan logat Banjar kental ini.

Sedangkan Siti Robiah mengatakan Dekranasda Kutim sedang melaksanakan pendataan  sekaligus  melihat potensi serta kendala yang dihadapi para pengrajin yang ada di setiap kecamatan. Dijelaskan, selama ini para pengrajin rotan masih melakukan proses produksi secara manual dan sudah mampu  menghasilkan produk yang banyak diminati masyarakat.

“Dengan adanya bantuan  mesin ini, diharapkan menjadi langkah awal untuk terus berinovasi sekaligus meningkatkan kualitas produknya, sehingga kesejahteraan perajin juga bisa lebih baik, ” ucapnya. (001)

 

  • Bagikan