Ratusan Pejabat Struktural di Kutim Jadi Fungsional

  • Bagikan

Kaltim12.com, Sangatta – Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman melantik ratusan pejabat struktural menjadi fungsional. Ada sebanyak 364 pejabat struktural dilingkungan Pemkab Kutim dilantik dan diambil sumpah oleh Bupati diruang Akasia, Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi, Jumat (30/12/2021). Disaksikan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Joni, unsur Pimpinan Forkopimda serta undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Ardiansyah mengatakan Kementerian Dalam Negeri sesuai kewenangan memberikan persetujuan terkait penyetaraan jabatan administrasi, ke jabatan fungsional.

“Sehingga terjadi perubahan paradigma birokrasi yang gemuk, menuju birokrasi yang minim struktur namun kaya fungsi,” ucap Bupati.

Selanjutnya berkaitan dengan penataan birokrasi, Ardiansyah mengatakan penting pemerintah melakukan penyederhanaan jabatan struktural dan juga peningkatan jabatan fungsional.

Hal itu dikarenakan jabatan fungsional lebih menghargai keahlian. Sehingga nantinya dapat menjalankan sistem pemerintahan yang gesit dan lincah mengikuti perubahan. Perubahan modernisasi atau pun kebutuhan masyarakat. 

“Pada dasarnya jabatan fungsional ini mengacu terhadap sebuah profesionalisme, sebuah jabatan dipercayakan kepada pihak-pihak yang dianggap mampu untuk mengemban tugas secara profesional,” imbuhnya. 

Pemerintah Pusat, sambungnya, sedang menyiapkan aturan penyesuaian sistem kerja baru yang berbasis fungsional, pola karir dan perubahan pola pikir. Terkahir yang tak kalah perting adalah pengaturan mengenai kesejahteraan jabatan fungsional. Terkait dengan penghasilan meliputi tunjangan dan kelas jabatan fungsional.

“Sehingga penghasilan dan sistem karir yang terdampak dari penyederhanaan birokrasi ini tidak dirugikan sama sekali,” pungkasnya. (hms8/hms3)

  • Bagikan