Menkeu Prediksi Defisit Anggaran Tahun 2022 Lebih Rendah

  • Bagikan

Kaltim12.com, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memprediksikan defisit anggaran tahun ini akan mendekati empat persen atau lebih rendah dari yang telah ditetapkan yakni 4,85 persen terhadap PDB atau Rp868 triliun.

“Kami berharap defisit akan semakin mendekati empat persen pada akhir tahun 2022,” katanya dalam Mandiri Investment Forum 2022 di Jakarta, Rabu 9 Januari 2022.

Sri Mulyani mengatakan anggaran tahun 2022 sebenarnya dirancang untuk terus mendukung proses pemulihan, namun pada saat yang sama ada konsolidasi fiskal yang harus mulai diwujudkan oleh pemerintah.

Pemerintah memiliki tugas mewujudkan konsolidasi fiskal pada 2023 yakni defisit anggaran harus kembali ke bawah tiga persen setelah diperbolehkan di atas tiga persen sebagai langkah countercyclical dampak pandemi COVID-19.

Oleh sebab itu, pemerintah mulai berusaha untuk mengembalikan defisit dengan mendorong penerimaan negara, sekaligus tetap disiplin dari sisi belanja, sehingga defisit bisa semakin rendah. (rdb/ws)

  • Bagikan