AdvetorialBerita PilihanEkonomi

Ustadz Amirul Mukminin Pimpin JULEHA Kutim

10
×

Ustadz Amirul Mukminin Pimpin JULEHA Kutim

Share this article

Wartakutim.co.id, Sangatta – Ketua Dewan Pengurus Wilayah Juru Sembelih Halal Indonesia (JULEHA) Provinsi Kalimantan Timur Ustadz Muhammad Khoirul Anam, memimpin acara pelantikkan dan pengukuhan pengurus DPD JULEHA Kabupaten Kutai Timur. Dalam kegiatan itu, Ustadz Amirul Mukminin menerima amanah untuk memimpin organisasi profesional tersebut.

Muhammad Khoirul Anam Ketua DPW JULEHA Kaltim menyebutkan JULEHA mendukung profesionalisme SDM juru sembelih halal untuk dapat bersaing baik di dalam maupun di luar negeri. Tentu dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada sektor pertanian untuk bidang penyembelihan hewan halal, sesuai pula dengan standar yang disusun Kementerian Pertanian.

“Demi terwujudnya Indonesia berkah melalui tata cara penyembelihan yang ihsan, halal, dan thoyib. Dengan menerapakan 13 unit kompetensi yang dipersyaratkan dalam SKKNI,” terang lelaki kelahiran Lamongan, Jawa Timur itu.

Dalam kesempatan itu, mewakili Bupati Ardiansyah Sulaiman. Sekretaris Kabupaten Kutim Rizali Hadi mengatakan, penyembelihan hewan kurban sudah merupakan bagian dari ibadah, terutama saat perayaan Hari Raya Idul Adha bagi umat muslim. Begitu banyak orang yang terlibat dalam proses penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban.

“Juru sembelih yang memiliki kompetensi teknis amat dibutuhkan. Mulai dari kemampuan mereka membedakan hewan halal, serta melakukan tindakan penyembelihan sesuai dengan syariat,” jelas Sekretaris Kabupaten Kutim. (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)