AdvetorialBerita Pilihan

Dandim 0909/KTM Bersama Bupati Siap Sambut Jokowi

2
×

Dandim 0909/KTM Bersama Bupati Siap Sambut Jokowi

Share this article

Wartakutim.co.id, Sangatta – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama dengan Bupati Kutai Timur menggelar rapat bersama di ruang rapat Kominfo Peristik Kutim pada Selasa (6/9/2022) lalu. Terkait persiapan kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang direncanakan datang ke Kecamatan Kaubun pada 28 September 2022.

Dandim 0909/KTM Letkol CZI Heru Aprianto menerangkan, TNI intinya akan menjadi koordinator atau paling utama, dalam melaksanakan pengamanan terkait rangkaian kegiatan RI 1. Danramil telah diperintahkannya selesai persiapan di kecamatan. Untuk segera datang ke Kodim 0909/KTM, dan memaparkan hasil tugas agar pihaknya segera menyusun tindakan dilapangan.

“Alternatif pertama jelas, seperti disampaikan Kapolres dimana rombongan menggunakan helikopter. Informasinya PT GAM memiliki helipad, maka segera disurvei bagaimana kondisinya. Sehingga detail pengamanan dilakukan sedini mungkin,” tegas Letkol CZI Heru Aprianto.

Kedua termasuk penggunaan jalur darat. Untuk kondisi wilayah Kaubun maupun Kutim secara keseluruhan, tentu berkaitan dengan rencana yang disusun oleh Dandim 0909/KTM. Koordinasi dilakukan oleh Koramil Sangkulirang, yang membawahi Kecamatan Kaubun untuk melaksanakan komunikasi sosial secara aktif mulai sejak sekarang.

“Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, atau dihindari saat kunjungan. Termasuk unit intel melakukan kordinasi dengan intel terkait, malaksanakan penggalangan terbatas. Jadi perlu kesiapan yang ekstra dari pihak Muspika di Kaubun, dalam perencanaan kunjungan Presiden,” urai Dandim.

Sebelumnya, Bupati Ardiansyah menerangkan, pertemuan Forkopimda adalah salah-satu bentuk kesiapan. Meskipun beliau datang atau tidak. Namun yang jelas informasi pertama, Sekretariat Negara sudah merespon surat dari Pemkab Kutim yang diketahui Gubernur Kaltim.

“Sehingga ada dua alternatif, yakni mengarahkan ke pihak Provinsi untuk melalui udara. Atau yang kedua melalui jalur darat,” papar Bupati Ardiansyah Sulaiman.

Pada hari yang sama, Dandim 0909/KTM Letkol CZI Heru Aprianto bertemu dengan para wartawan dan wartawati dari Persatuan Wilayah Indonesia (PWI) Kabuapaten Kutai Timur. Hal tersebut berkaitan dengan silaturahmi dan berkomunikasi, untuk menerangkan tugas-tugas dasar maupun kesiapan pihaknya menjaga keamanan dan ketertiban dari sebelum dan sesudah Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kutim. (ADV-KOMINFO/Imr/Wal)