Berita Pilihan

Anggaran Pendidikan Kutim Rp1 T Termasuk Insentif Guru

8
×

Anggaran Pendidikan Kutim Rp1 T Termasuk Insentif Guru

Share this article

KALTIM12.CO.ID, SANGATTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur mengalokasikan anggaran 20 persen  dari alokasi APBD 2023 untuk sektor pendidikan. Namun namun jumlah tersebut termasuk insentif dan gaji guru ASN, P3K dan Honorer (TK2D).

Ditemui diruang kerjanya kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan Kutim Mulyono menyebutkan, total anggaran pendidikan Kutim 2023 sebesar Rp1 triliun, sekitar 60 persen untuk pembayaran insentif dan gaji guru.

“Untuk gaji guru sekitar 60 persen dari total anggaran,Itu sudah termasuk guru ASN, P3K dan TK2D. Selain itu ada juga untuk dana bos dan pembangunan dan rehab pasilitas pendidikan,”ungkapnya.

Namun, Lanjut mantan camat Rantau Pulung ini, tidak dapat mentotal masing masing porsi anggaran saat ini dan pihaknya meminta langsung data ke bagian program atau bendahara dinas.

“Saya baru 2 (dua) bulan menjabat kepala dinas, untuk tahu secara pasti bisa ditanyakan langsung kebagian program atau kebendahara dinas,”katanya.

Ia menambah, selain anggaran untuk insentif dan membangun fasilitas pendidikan, anggaran tersebut juga untuk bea siswa tingkat SD dan SMP untuk operasional dinas.

”untuk tahun ini kita juga memiliki bea siswa tingkat SD dan SMP. Sementara untuk bea siswa tingkat SMA dan perguruan tinggi porsinya bagian sosial dari program provinsi Kaltim Tuntas,”ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan porsi anggaran begitu besar kwalitas pendidikan di Kutim makin berkualitas, tidak hanya kepada tenaga pengajar tapi juga siswa,”kami disini terus berupaya untuk meningkatkan kwalitas dan mutu pendidikan di Kutim dan saya optimis itu bisa kita raih secepatnya,”pangkasnya (adv/ia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *