Berita

RS Muara Bengkal Masih tahap Persiapan Belum Bisa Beroperasi.

3
×

RS Muara Bengkal Masih tahap Persiapan Belum Bisa Beroperasi.

Share this article

SANGATTA – Kepala Dinas kesehatan Kutai Timur dr. Bahrani mengakui masih banyak kekurangan dan permasalahan dalam mengoprasikan Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal.

Dikatakan, awalnya Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal akan mulai beroperasi pada Januari 2023. Namun, melihat kondisinya yang masih banyak kekurangan dan permasalahan, hal ini urung terjadi.

“Hari ini kami merapatkan tentang pelaksanaan percepatan untuk mengoprasionalkan rumah sakit Muara Bengkal.  yang kemarin Januari itu udah tahap 100% penyelesaian,”ungkapnya

Lebih lanjut ia menambahkan, ternyata dalam persiapan tersebut membutuhkah waktu yang cukup panjang. Masalah utama yang di hadapi dalam mengoprasikan RS Muara Bengkal adalah minimnya tenaga medis.

“Untuk rumah sakit tipe D seperti RS Muara Bengkal Paling Standar tenaga medis sebanyak 141 orang dan dari hasil kami mencomot sana sini tenaga medis di Puskesmas jumlah yang baru kita dapat sebanyak 20 orang.”sebutnya.

Selain tenaga medis, Lanjut mantan direktur RSUD Kudungga Sangatta ini, permasalahan lainnya adalah permasalah Listrik. Daya yang ada saat ini masih belum memadai untuk sebuah rumah sakit. Untuk itu pihaknya sudah mengajukan permohonan ke PLN untuk penambahan daya listrik.

“fasilitas kayak PLN itu kita sudah tersurat untuk bisa menambah daya di sana,”Katanya.

Lebih lanjut Bahrani menyebutkan, permasalah yang lebih utama lainnya adalah Air bersih. PDAM belum mampu mengalirkan air dengan kubikasi yang cukup besar. Bisa di bantu dengan menggunakan tandon namun hal ini belum bisa memenuhi kebutuhan air RS Maura Bengkal.

“Untuk air bersih, kami juga sudah mengusulkan ke Dinas PU untuk di tingkatkan atau adanya penambahan penyambunga pipa ke rumah sakit. kalau tidak salah jaraknya 6 km. Saat ini kita masih kerjasama dengan PDAM. PDAM masih bisa menyuplai tapi menggunakan mobil tangki,”jelasnya

Selain itu permasalah lainnya adalah permasalahan lahan yang masih kurang. RS Muara bengkal saat ini menempati lahan seluas dua hektar, sementara yang dibutuhkan untuk lahan RS minimal 4 hektar. (WAL/ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *