BalikpapanBerita Pilihan

Batik Air Menambah Layanan Pesawat Berbadan Besar di Bandara Kalimarau, Berau

5
×

Batik Air Menambah Layanan Pesawat Berbadan Besar di Bandara Kalimarau, Berau

Share this article
Lengkapi Penerbangan, Awal September Narrow Body Dipastikan Bakal Mengudara Di Kalimarau Agustus 14, 2023 Redaksi Foto Kepala UPBU Bandara Kalimarau Ferdinan Sinaga.

Maskapai dari Lion Grup, Batik Air, akhirnya merespons kebutuhan penerbangan di Bandara Kalimarau dengan menghadirkan pesawat berbadan besar dari keluarga Narrow Body dengan Turbofan. Slot penerbangan ini akan menghubungkan rute Jakarta (CGK) – Berau (BEJ) pulang-pergi dan Surabaya (SUB) – Berau (BEJ) pulang-pergi.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Bandara Kalimarau, Ferdinan Sinaga, menjelaskan bahwa mulai 1 September 2023, Batik Air akan meluncurkan penerbangan perdana dengan jadwal tetap. Rencananya, jenis pesawat yang akan mendarat di Bandara Kalimarau Berau adalah Boeing 737-800 (B738) dengan kapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 150 kursi kelas ekonomi, atau Airbus A320 dengan kapasitas 12 kursi bisnis dan 144 kursi ekonomi.

“Rute Jakarta – Berau akan terbang setiap hari menggunakan nomor penerbangan ID6430, dengan jadwal Jakarta – Berau (04.55 WITA – 07.25 WITA) dan ID6431 Berau – Jakarta (13.40 WITA – 16.10 WITA). Estimasi waktu tempuh Berau – Jakarta adalah sekitar 2 jam 20 menit,” ungkapnya.

Tidak hanya rute ke Jakarta, Bandara Kalimarau juga menyediakan layanan penerbangan menuju Surabaya.

“Namun, rute ke Surabaya hanya tersedia pada hari Selasa hingga Jumat setiap minggunya dengan nomor penerbangan ID6346 Surabaya – Berau (11.00 WITA – 13.00 WITA) dan ID6347 Berau – Surabaya (08.05 WITA – 10.05 WITA). Estimasi waktu tempuh Berau – Surabaya adalah sekitar 2 jam,” jelasnya.

Ferdinan menambahkan bahwa Bandara Kalimarau Berau memiliki landasan pacu sepanjang 2.250 meter dan lebar 45 meter dengan perkerasan (PCN) 52, dua taxiway in-out, serta 8 tempat parkir pesawat dengan 2 garbarata untuk wisatawan dan pelaku bisnis. Fasilitas ini akan mempermudah proses operasional penerbangan Batik Air di bandara ini.

“Kami telah menyediakan ruang tunggu, lounge, dan fasilitas umum yang memenuhi standar,” tambahnya.

Dengan penambahan rute ini, terlihat keseriusan Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Pemerintah Daerah Kabupaten Berau, Bandara Kalimarau Berau, dan Batik Air dalam mengembangkan layanan penerbangan di daerah ini. Diharapkan, dengan adanya pilihan layanan ini, penumpang Bandara Kalimarau akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik dan lebih luas dalam menjalankan perjalanan mereka. (sk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *