Berita PilihanKaltimPeristiwa

Ribuan Orang Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-78 di Lapangan Kantor Bupati Kutim

3
×

Ribuan Orang Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-78 di Lapangan Kantor Bupati Kutim

Share this article

KUTAI TIMUR – Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78 di Lapangan Kantor Bupati Kutim di Komplek Perkantoran Bukit Pelangi berjalan dengan khidmat, pada Kamis (17/8/2023) pagi. Upacara diikuti oleh seluruh jajaran Forkopimda, TNI, Polri, OPD, ASN, PPPK, TK2D, dan perwakilan siswa-siswi pelajar, ormas, serta sejumlah tamu undangan.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 pengibaran bendera dimulai dengan inspektur Bupati Ardiansyah Sulaiman. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Isnan Fatah Ma’aruf, yang saat ini menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Kutim, sedangkan Perwira Upacara, Kompol Zainal Arifin dengan jabatan Kabag Ops Polres Kutim.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kutim Joni bertugas sebagai pembaca teks proklamasi, nampak dengan setelan jas serta menggunakan kopiah. Lelaki yang merupakan politisi senior tersebut, penuh semangat dan berapi-api membacakan teks proklamasi. Usai peserta upacara mengheningkan cipta, Kepala Kemenag Kutim Mulyadi memimpin pembacaan doa.

“Tambahkan curahan kasih sayang-Mu, sebagai berkah bagi kami mengisi kemerdekaan menuju negeri yang adil dan makmur dibawah naungan ridho-Mu. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang. Jadikanlah peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sebagai momentum merekatkan rasa persatuan dan persaudaraan sebangsa dan setanah air diantara kami,” ungkap Beliau yang memimpin doa.

Bupati Ardiansyah Sulaiman lantas kemudian memberikan duplikat sang saka merah putih kepada pembawa nampan bendera yakni, Anna Natasya yang merupakan siswi dari SMAK Santo Yoseph Sangatta.

Lantas ia kemudian menyerahkan kepada tiga rekan prianya yang bertugas sebagai pengibar bendera, untuk segera mengibarkan bendera lalu diikuti oleh hormatnya seluruh peserta upacara dan diringi lagu kebangsaaan Indonesia Raya.

Seusai upacara, terlihat Inspektur Upacara mendatangi Komandan Upacara untuk mengucapkan selamat, diiringi Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Adi Swastika, serta beberapa pimpinan Forkopimda.

Perlu pembaca ketahui bersama, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, sejarah awalnya dilakukan pertama kali dilaksanakan di Yogyakarta pada 17 Agustus 1946. Mengingat pada masa itu terjadi ccpemindahan ibu kota dari Jakarta ke Yogyakarta pada 4 April 1946. Mengingat situasi keamanan di Jakarta semakin memburuk, akibat agresi Belanda. (ald)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *