Berita PilihanPolitik

Jika MK Menangkan Gugatan Usia Cawapres Minimal 35 Tahun, PSI Pastikan Lirik Kandidat Muda

5
×

Jika MK Menangkan Gugatan Usia Cawapres Minimal 35 Tahun, PSI Pastikan Lirik Kandidat Muda

Share this article

Jakarta – Sekretaris Dewan Pembina DPP PSI Raja Juli Antoni menilai deretan nama cawapres yang beredar di publik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun yang pasti, kata dia, nilai plus capres bakal ditentukan oleh siapa cawapresnya.

“Pasangan para kandidat presiden akan menentukan arah elektoral pilihan hari rakyat. Cawapres tidak hanya berperan secara simbolik atau “pelengkap” saja seperti terjadi di beberapa pilpres sebelumnya,” kata Raja Juli dalam akun Twitternya, @RajaJuliAntoni, Rabu (23/8/2023).

Menurutnya, nama-nama cawapres yang beredar seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Mentri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur Yenny Wahid, sangat menjanjikan.

Sosok-sosok itu juga menggugah selera partisipasi politik rakyat, terlebih ketika nama Walkot Solo Gibran Rakabuming dan Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak masuk bursa cawapres.

“Nama-nama muda dan keren yang merepresentasilan “pasar” terbesar pemilih 2024. Dengan kata lain, Cawapres tentukan peta dan pendulum politik Pilpres 2024,” kata Wamen ATR BPN tersebut.

Dia menuturkan ide tersebut juga sejalan dengan poin kedua hasil Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI yang disebutkan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, kemarin.

Pria karib disapa Tonny itu mengungkapkan bila Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan judicial review yang diajukan LBH PSI terkait batas usia cawapres minimal 35 tahun maka arah dukungan DPP PSI sudah bulat. Dia menegaskan, PSI akan mendukung kandidat cawapres yang memiliki kapasitas dan kapabilittas berusia muda.

“Kedua, dengan prinsip utama dari Presiden Jokowi “Ojo Kesusu”, kami meminta penentuan bakal calon presiden dari PSI juga sangat tergantung kepada siapa calon wakil presiden yang diusung. Perlu dicermati bersama-sama semua dinamika politik termasuk proses judicial review ke Mahkamah Konstitusi mengenai batas usia calon presiden dan wakil presiden yang sedang diajukan oleh LBH PSI di MK,” kata Raja Juli mengutip pernyataan Grace saat Kopdarnas PSI. (ald)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *