Berita PilihanDPRD Kutim

AFI Dukung Pembentukan Daerah Otonomi Baru Sangsaka untuk Kesejahteraan Wilayah

915
×

AFI Dukung Pembentukan Daerah Otonomi Baru Sangsaka untuk Kesejahteraan Wilayah

Share this article

JAKARTA – Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kutai Timur, Abdi Firdaus, dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Sangsaka yang mencakup wilayah Sangkulirang, Sandaran, Kaubun, Karangan, dan Kaliorang. Menurut Abdi Firdaus, langkah ini diharapkan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Abdi Firdaus percaya bahwa pembentukan DOB Sangsaka memiliki potensi besar untuk mendorong perkembangan ekonomi, sosial, dan infrastruktur di daerah tersebut. Dengan status DOB, Sangsaka akan memiliki otonomi yang lebih besar dalam mengelola sumber daya dan kebijakan lokalnya. “Tentu ini sangat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempercepat pembangunan di wilayah tersebut,” ujar pria yang akrab disapa Bang Afi ini.

Selain itu, Abdi Firdaus juga menyoroti pentingnya memastikan bahwa proses pembentukan DOB ini melibatkan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat setempat. Baginya, keterlibatan dan konsultasi publik yang baik adalah kunci keberhasilan dalam perencanaan dan pelaksanaan DOB Sangsaka ini.

“Saya berharap agar pemerintah daerah dan pemerintah pusat dapat bekerja sama secara sinergis dalam mewujudkan DOB Sangsaka ini, serta memastikan bahwa DOB segera bisa terwujud untuk meningkatkan pelayanan publik dan stabilitas wilayah,” ujarnya.

Dengan dukungan kuat dari Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kutai Timur ini, diharapkan pembentukan DOB Sangsaka dapat menjadi langkah positif dalam upaya memajukan wilayah tersebut dan meningkatkan kualitas hidup penduduknya.

Abdi Firdaus juga mengungkapkan bahwa saat ini dia bersama sejumlah anggota DPRD Kutai Timur tengah berjuang di Dirjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan masukan terkait DOB wilayah Sangsaka. Mereka sedang melakukan presentasi yang menjelaskan berbagai potensi ekonomi, sumber daya alam, dan sumber daya manusia di wilayah tersebut.

“DOB Sangsaka bukanlah hal baru dan telah lama menjadi perjuangan para pendahulu yang pernah duduk di DPRD Kutai Timur. Bahkan, DOB Sangsaka sudah pernah dibahas bersama DPRD dan Pemkab Kutai Timur,” kata politisi Partai Demokrat ini.

“Kami sangat mendukung rencana pemekaran kabupaten baru ini, karena kami percaya bahwa dengan pemerataan ini, setiap desa akan merasakan dampak positifnya. Ini adalah langkah penting demi kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik yang efisien,” pangkasnya (WAL/ADI).