BeritaBerita PilihanKaltim

Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kaltim Gelar Sekolah Literasi

585
×

Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kaltim Gelar Sekolah Literasi

Share this article

Kutai Timur – Ilmu dan amal merupakan dua hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut disampaikan Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman saat membuka pelatihan Sekolah Literasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kalimantan Timur. Bertempat di Gedung Dharma Wanita, Perkantoran Bukit Pelangi, Kamis (5/10/2023) kemarin.

Mengutip ayat ” Sesungguhnya Allah memuliakan anak-anak Adam karena 2 hal yaitu ilmu dan amal.Dan itu ada pada literasi (membaca,menulis,berhitung,memecahkan masalah,solutif,peka terhadap sesuatu dan siap menjadi yang terbaik dalam persoalan yang dihadapi).

“Terima kasih kepada IPM Wilayah Kalimantan Timur dalam melaksanakan pelatihan pada hari ini.” ujar Bupati Ardiansyah. Sebab menurutnya hal ini merupakan satu kesempatan untuk meningkatkan kemampuan seorang individu dalam berliterasi.

Sebab kata literasi merupakan bahasa umum yang dipakai dimana-mana.Dirinya mencontohkan dengan kalimat, “mengapa ibu kota negara tidak ke Kalimantan Timur,”jawaban sederhananya karena literasi.Kemudian apa yang ingin dimiliki oleh Indonesia dengan ibu kota Nusantara? Juga literasi. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada IPM Provinsi Kalimantan Timur untuk melaksanakan kegiatan seperti ini terutama untuk pelajar Muhammadiyah yang tergabung didalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Sebelumnya Ketua Umum Muhammadiyah Kutai Timur (Kutim) Kyai H Suyuti mengatakan bahwa literasi merupakan bagian dari cara kita menghidupkan Islam. “Saya mengharapkan kepada generasi muda,terutama kepada pelajar untuk menghidupkan literasi seperti membaca,menulis,serta menghimpun seluruh hasil bacaan.Dimana jaman yang penuh dengan persaingan serta ketidakmampuan kita untuk bersaing,itu artinya kita kan kalah dan tidak bisa berbuat apa-apa. Oleh karena itu,Muhammadiyah dengan segala kemampuannya termasuk untuk menggerakkan dan menghidupkan literasi.

Perlu diketahui kegiatan ini berlangsung selama 4 hari,5 sampai 8 Oktober  Dimana pesertanya berasal dari Kabupaten PPU, Balikpapan,Bontang dan Kutim.  Dihadiri Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kaltim,Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kutai Timur. (Rma/Ran)