Berita PilihanNasionalPolitik

Jusuf Kalla Sebut Anies Punya Rekam Jejak Memperbaiki Bangsa RI

82
×

Jusuf Kalla Sebut Anies Punya Rekam Jejak Memperbaiki Bangsa RI

Share this article

Jakarta – Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menilai bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan memiliki kepemimpinan dan kecerdasan untuk memimpin Indonesia.

“Saya dukung yang terbaik yang bisa memperbaiki bangsa ini ke depan dan Anies salah satu yang punya rekam jejak itu. Orangnya punya leadership, kecerdasan; ini bangsa yang besar, (Anies) teguh pada pendirian, punya pengalaman, dan semua dipenuhi oleh Anies,” kata JK dikutip pada Sabtu (7/10/2023).

Menurut JK, sosok Anies memiliki paket komplet sebagai pemimpin. Anies pernah menjadi Rektor Universitas Paramadina periode 2007-2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 2014-2016, dan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Indonesia pun, lanjut JK, perlu sosok pemimpin yang bisa memimpin Indonesia dengan baik.

Dalam pertemuan itu, JK memberikan bekal multivitamin bagi Anies yang akan bertarung pada Pilpres 2024. Jika memenangi pilpres itu, maka Anies akan memimpin Indonesia dengan sekitar 270 juta orang penduduk, lebih banyak daripada Singapura dan Malaysia.

“Ini delapan kali dibanding Malaysia. Jadi, ini butuh orang bersinergi. Karena itu, saya kasih vitamin supaya stamina lebih kuat menghadapi empat bulan ke depan,” ungkap JK.

Saat disinggung mengenai wejangan bagi Anies untuk menghadapi Pemilu 2024, JK mengaku memberikan nasehat berbeda kepada Anies daripada kepada bakal capres lain yang menemuinya. JK mengatakan Anies harus lebih memperhatikan wilayah-wilayah yang berpotensi mendukungnya.

“Ini one man, one vote, kan. Tentu berikanlah orisinal. Kalau cinta kepada umat, bagaimana, bukan dibuat-buat. Kasih tahu rakyat bahwa saya begini dan tunjukkan bahwa kemampuan itu ada,” pesannya.

JK juga meminta Anies menjunjung tinggi prinsip agar pesta demokrasi setiap lima tahun di Tanah Air itu berjalan dengan baik.

Pada Sabtu pagi, Anies Baswedang melakukan pertemuan sekitar 2,5 jam di kediaman pribadi JK di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, pada Rabu (4/10/2023), JK juga menerima kedatangan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di kediaman pribadinya. Kehadiran Puan di rumah JK itu untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi soal kondisi bangsa saat ini dan tantangannya di masa depan. Prabowo Subianto pun pernah mengunjungi JK dalam rangka silaturahim pada Selasa (2/5/2023). (Voi/Imr)