Berita PilihanNasionalPolitik

Konsolidasi Nasional Relawan Alap-Alap Dihadiri Jokowi dan Kaesang

13
×

Konsolidasi Nasional Relawan Alap-Alap Dihadiri Jokowi dan Kaesang

Share this article

Bogor – Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep menghadiri Konsolidasi Nasional Jaringan Relawan Alap-Alap Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/10/2023)

“Saya senang. Saya masuk ke sini, begitu masuk, suasananya sangat semangat, gitu, lho. Suasana itu penting. Begitu masuk suasana tinggi. Ini menunjukkan relawan sudah pada posisi siap, benar?” kata Jokowi saat menyampaikan pidatonya.

Jokowi tiba di SICC Sentul sekitar pukul 09.00 WIB. Dia mengawali kunjungannya dengan menyambangi tribun relawan untuk bertukar obrolan dan berswafoto.

Penanggungjawab Alap-Alap Jokowi, Muhammad Isnaini, mengatakan agenda tersebut diikuti sekitar 16 ribu orang dari 118 simpul relawan dari 93 kota dan kabupaten.

“Peserta luar Jawa dominan dari Indonesia timur, yakni Papua, Sorong, Kupang, Flores, Bima, Lombok, Makassar, Gowa, Kendari, Gorontalo, Manado, Ambon,” jelas Isnaini.

Selain itu, peserta juga hadir dari Aceh, Medan, Bangka Belitung, Batam, Jambi, Palembang, Lampung, hingga Pontianak.

“Untuk Jawa, ada 70 kota dan kabupaten di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jabodetabek,” imbuhnya.

Acara yang mengusung tema “Taat Instruksi-2024 Apa Kata Jokowi” itu merupakan hasil konsolidasi yang dilakukan sejak Mei 2022.

“Lahirnya relawan ini awalnya karena Pak Jokowi turun di kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2012, terus lanjut ke Pilpres 2014 dan Pilpres 2019,” ujar Isnaini.

Sebelum Jokowi hadir di acara tersebut, Kaesang dan jajaran pengurus PSI lebih dulu tiba dan berkeliling untuk swafoto bersama relawan. (Voi/Imr)