BeritaDPRD KutimRagamWarta Parlementeria

Pawai Kirab Budaya Layak Jadi Agenda Tahunan di Kutim

371
×

Pawai Kirab Budaya Layak Jadi Agenda Tahunan di Kutim

Share this article

Kutai Timur – Tumpah ruah masyarakat menyaksikan Pawai Kirab Budaya yang digelar pada Minggu (22/10/2023) di Jl Margo Santoso, memantik pula rasa kepedulian yang tinggi dari Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Asti Mazar. Mengingat antusiasme peserta juga tinggi, dimana tercatat terdapat 45 kelompok perwakilan dari Perangkat Daerah (PD), Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Daerah (Orda) serta masyarakat yang turut menyukseskan acara tersebut.

Pawai kirab budaya yang merupakan salah-satu agenda untuk memeriahkan acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kutai Timur ke-24 itu, dinilai politisi Partai Golongan Karya (Golkar( tersebut, merupakan upaya untuk melestarikan budaya daerah maupun Indonesia.

“Bagaimanapun hal ini penting bagi masyarakat untuk mengaktualisasikan kebudayaan, sehingga menurut hemat saya amat layak kiranya jika pawai kirab budaya dijadikan agenda tahunan oleh pemerintah kabupaten,” ungkapnya penuh perhatian.

Disebutkannya lebih jauh, sebagai penyambung lidah masyarakat dirinya bertugas mengawal dan melindungi upaya masyarakat dalam menjembatani serta memberikan pemhaman. Untuk itu penting jika pihak Disdikbud Kutim menyambut momentum ini dengan menggandeng lebih erat semua elemen masyarakat.

“Jadikan ini momentum dalam memberikan pemahaman yang mendalam kepada masyarakat luas, mengenai betapa kayanya budaya bangsa Indonesia,” terang Asti Mazar.

Apalagi sebelunya pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ((Disdikbud) lewat Kepala Dinas Mulyono tak menampik jika pawai kirab budaya, merupakan salah-satu upaya pemerintah untuk mendukung kemajuan kebudayaan sebagaimmana Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

“Pawai kirab budaya merupakan upaya memupuk rasa kebersamaan dan silaturahmi antara semua elemen masyarakat di Kutim. Sehingga semua pihak saling dukung antara satu dengan yang lain, dalam memperkaya khazanah bangsa,” terangnya. (Adv-Rnl)