Berita PilihanKaltimWarta Kesehatan

Kekurangan Dokter Spesialis di RSUD Muara Bengkal Segera Diatasi

134
×

Kekurangan Dokter Spesialis di RSUD Muara Bengkal Segera Diatasi

Share this article

KUTAI TIMUR – Beroperasinya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Muara Bengkal sejak diresmikan oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, pada Jumat (17/11/2023) lalu. Tetap masih ada Pekerjaan Rumah (PR) yang harus segera dipenuhi, untuk memaksimalkan pelayanan pada pasien-pasien di rumah sakit tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kutkm dr Bahrani Hasanal saat ditemui pada Sabtu (18/11/2023) lalu menerangkan, RSUD Muara Bengkal sudah mulai dioperasikan. Walau masih ada beberapa kekurangan yang harus pihaknya penuhi. Utamanya keberadaan dokter-dokter spesialis, yang memang secara definitif belum ada.

“Tetapi kami sudah berkonsultasi dengan RSUD Sangkulirang, ada dua dokter spesialis yang mungkin memiliki jadwal kesana. Entah itu satu bulan sekali, atau berapa minggu sekali. Bahkan ada juga beberapa dokter kandungan di Sangatta, yang bersedia dibuatkan jadwal untuk melayani pasien di RSUD Muara Bengkal,” terang mantan Direktur RSUD Kudungga Sangatta ini.

Diterangkan dr Bahrani Hasanal lebih lanjut, untuk sementara masyarakat di sekitar RSUD Muara Bengkal, sudah bisa merasakan akses manafaat dari adanya rumah sakit tersebut. Sembari pihak Dinkes Kutim mencari lebih lengkap dokter-dokter yang akan ditugaskan pada RS baru di wilayah Kutim itu.

“Untuk tenaga kesehatan lainnya, kami sudah melakukan perekrutan. Perawat, bidan, analis telah ada, kemudian bagian-bagian lain seperti ronsen dll juga ada. Bahkan dokter gigi juga ada, memang kita akan terus mencari. Sehingga standar suatu RS itu apa-apa saja, kita akan terus cari (penuhi, red), mengingat keberadaan gedung RSUD Muara Bengkal sudah setahun lamanya berdiri. Dengan segala usaha, kita mulai operasionalnya RS tersebut,” harap dr Bahrani Hasanal, untuk pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Muara Bengkal, Muara Ancalong, Busang dan Batu Ampar. (Ald)