Berita PilihanEkonomiNasional

Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon Peduli Lingkungan untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia

146
×

Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon Peduli Lingkungan untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia

Share this article

JAWA BARAT – Satu demi satu dedaunan dari berbagai jenis ditata rapi pada selembar kain putih yang digelar di sebuah balai pertemuan. Pada hari-hari biasanya jari jemari para Ibu pengrajin saling bekerja sama dalam proses penyusunan lembar demi lembar daun hingga menghasilkan sebuah pola pada produk kerajinan kain ecoprint. Namun pemandangannya berbeda untuk hari ini. Para Ibu pengrajin justru memberikan pendampingan kepada rombongan yang datang dan ingin mempelajari proses membuat batik ecoprint di Kampung Berseri Astra (KBA) Pekayon, Bekasi, Jawa Barat pada Kamis pagi (23/11/2023) lalu.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian lingkungan hidup, bersama sejumlah wartawan serta blogger, Astra mengunjungi KBA Pekayon, Bekasi yang telah dibina oleh Astra sejak tahun 2015.

“Kampung Berseri Astra merupakan salah satu inisiatif yang dijalankan perusahaan sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan masyarakat secara berkelanjutan. Astra terus berkomitmen mendukung aksi peduli lingkungan yang dilakukan oleh Kampung Berseri Astra termasuk KBA Pekayon, Bekasi, Jawa Barat,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta diajak untuk mengenal lebih jauh terkait berbagai upaya menjaga kelestarian lingkungan yang diterapkan oleh warga sekitar. Mulai dari praktik ecoprint secara langsung, mengeksplorasi KBA yang memiliki luas 17 hektar tersebut, mengikuti Go Green Mini Tour KBA Pekayon Zona Hijau, praktik memilah sampah, mengolah minyak jelantah menjadi produk bermanfaat seperti aromaterapi, pembuatan eco enzim hingga mendapatkan pengetahuan terkait pola bersih hidup sehat atau PHBS.

Selain itu, dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, para warga juga menanam tanaman hias, tanaman konsumsi, hingga tanaman herbal yang berkhasiat yang tumbuh di atap dan pekarangan rumah mereka. Selain menghijaukan lingkungan, tanaman tersebut juga bisa menjadi sumber pangan yang mana kelebihan hasil panennya dapat dijual dan menambah penghasilan warga. (Ald)