Berita PilihanEkonomiRagam

Kelompok Nelayan di Desa Sangkima Peroleh Mesin Ces plus Has

197
×

Kelompok Nelayan di Desa Sangkima Peroleh Mesin Ces plus Has

Share this article

KUTAI TIMUR – Sektor perikanan baik laut maupun sungai menjadi salah satu sektor yang menjadi andalan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu, kepedulian terhadap pera nelayan dan penambak di Kutim menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten. Seperti yang dilakukan Bupati Ardiansyah Sulaiman yang didampingi oleh Kepala DKP Kutim Suriansyah, dengan memberikan bantuan mesin ces pada dua kelompok nelayan di Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan, pada Selasa (28/11/2023) pagi.

Orang Nomor Satu di Kutim tersebut memahami benar jika potensi kelautan dan perikanan di Kutim amatlah luar biasa. Dikatakannya jika Kutim memiliki garis pantai kurang lebih 150 Km, yang dengan kata lain ini jelas merupakan potensi besar yang luar biasa dan harus dikelola sebaik mungkin.

“Bahkan produk hasil laut yang diperoleh nelayan Kutim seperti udang, lobster, cumi, ikan, rumput laut, serta produk-produk lainnya. Terserap penuh oleh konsumen di Kutim, bahkan juga di Kota Samarinda dan Kota Bontang,” tukas Bupati.

Ditambahkan Ardiansyah Sulaiman tak salah jika DKP Kutim memberikan bantuan mesin ces pada nelayan. Dengan maksud untuk menguatkan dan mempersiapkan sektor industri kelautan yang besar potensinya, bahkan diyakini akan mensupport kebutuan pangan hingga ke Ibu Kota Nusantara (IKN) kedepannya.

“Semoga pemberian bantuan mesin ces untuk dua kelompok nelayan di Desa Sangkima, yakni Dalle Pada Pada dan Sikasajangan. Benar-benar mampu memberikan manfaat dalam upaya meningkatkan mobilitas nelayan saat melaut, sehingga memperoleh tangkapan ikan dalam jumlah besar,” ujar Bupati, sembari diamini para nelayan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Suriansyah mengungkapkan jika perhatian pemerintah kepada para nelayan dan penambak sangat diperlukan untuk menggugah semangat masyarakat dalam menjalankan kegiatannya.

“Bantuan ini diharap berguna untuk kelancaran kegiatan masyarakat dalam sektor perikanan. Dimana untuk dua kelompok nelayan Desa Sangkima tersebut, masing-masing memperoleh bantuan 10 unit mesin ces 13 PK plus has,” tambahnya. (War)