AdvetorialArtikel

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Luncurkan Program Beasiswa Kukar Idaman Tahap Pertama

15
×

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Luncurkan Program Beasiswa Kukar Idaman Tahap Pertama

Share this article

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah meluncurkan program beasiswa Kukar Idaman tahap satu untuk tahun 2024. Sosialisasi program tersebut dilaksanakan oleh Bagian Kesejahteraan (Kesra) Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Setkab Kukar) di Aula Pertemuan SMP Negeri 1 Tenggarong pada Kamis, 29 Februari 2024.

Kabag Kesra Setkab Kukar, Dendy Irwan Fahriza, menyatakan bahwa sosialisasi ini merupakan yang ke sekian kalinya di wilayah Tenggarong kota, juga melibatkan wilayah Tenggarong seberang. Kegiatan ini tidak hanya sekedar sosialisasi, tetapi juga pendampingan langsung untuk pendaftaran beasiswa.

“Jadi yang kami sosialisasikan hari ini bukan hanya sekedar sosialisasi tapi sekaligus pendampingan,” ucap Dendy.

Dalam sosialisasi tersebut, 1.200 kuota disediakan untuk pendaftaran beasiswa Kukar Idaman tahap satu, yang terbuka untuk pelajar tingkat SMA, SMK, dan sederajat, serta diploma dan strata. Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 7 Februari hingga 7 April 2024, dengan pencairan beasiswa dilakukan pada bulan Juni.

Dendy juga mengungkapkan bahwa setelah menyelesaikan penyaluran beasiswa tahap satu, pemerintah segera akan meluncurkan beasiswa Kukar Idaman tahap dua pada bulan September 2024.

“Untuk anggaran sendiri kurang lebih ada 40M. Untuk keseluruhan jenjang dari tahap 1 sampai tahap 2. Tapi biasanya memang jika nanti di tahap 1 itu sudah tercapai, di tahap kedua anggaran 40M sudah terserap, kami akan menambah lagi di APBD-P,” jelasnya.

Program ini disambut dengan harapan besar agar pelajar, mahasiswa, dan mahasiswi di Kukar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, terutama untuk beasiswa kerjasama tematik dan beasiswa pupus yang memungkinkan lulusan langsung bekerja di dinas teknis yang membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) tematik.

“Jangan dilewatkan dan jangan disia-siakan fasilitasi dan kesempatan ini. Karena program ini sangat strategis untuk investasi SDM untuk mewujudkan dan meningkatkan SDM yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya jadi jangan sampai terlewat,” ujarnya.

Dendy selanjutnya mengimbau para pelajar yang berhalangan hadir di acara sosialisasi untuk mengakses informasi pendaftaran beasiswa melalui media sosial instagram bagian Kesra di @bagiankesra.setdakabkukar dan website resmi Beasiswa Kukar Idaman di https://beasiswa.kukarkab.go.id. (*adv/diskominfokukar)