AdvetorialArtikel

Pemkab Kutai Kartanegara Maksimalkan Program Pengembangan UKM dan Koperasi 

16
×

Pemkab Kutai Kartanegara Maksimalkan Program Pengembangan UKM dan Koperasi 

Share this article

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengambil langkah serius dalam mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) dan koperasi di wilayah kabupaten. Salah satu strategi yang digunakan adalah melalui program pengembangan sumber daya manusia (SDM) UKM dan koperasi, yang dikerjakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskopukm) Kukar.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan UKM, Diskopukm Kukar, Endri Rosadi, menjelaskan bahwa pemerintah daerah tengah fokus pada peningkatan SDM pelaku UKM dan koperasi di daerah. Berbagai program telah diluncurkan untuk memastikan keberhasilan dalam meningkatkan sumber daya manusia ini. Salah satu strateginya adalah melalui pendampingan dan pelatihan bagi pengelola UKM dan koperasi di wilayah Kukar.

“Saati ini, kami sedang memberikan pembinaan pada 665 unit koperasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya,” ungkap Endri pada Jum’at, 9 Maret 2024.

Tak hanya itu, Diskopukm juga telah merencanakan sejumlah pelatihan pengelolaan koperasi pada tahun 2024, dengan salah satunya dilaksanakan di wilayah Kecamatan Samboja. Selain itu, Endri juga menyebutkan bahwa Diskopukm sedang melakukan sertifikasi terhadap 20 unit koperasi di Kukar. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kegiatan usaha koperasi berjalan sesuai peraturan yang berlaku, sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi.

“Dengan berbagai upaya yang kami lakukan, kami berharap koperasi di daerah dapat menjadi pengayom dan meningkatkan kesejahteraan bagi anggotanya,” pungkas Endri. (*adv/diskominfokukar)