AdvetorialArtikel

Pemkab Kukar Gelar Festival Ramadhan di Tenggarong

8
×

Pemkab Kukar Gelar Festival Ramadhan di Tenggarong

Share this article

Menjelang bulan suci Ramadhan, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mempersiapkan Festival Ramadhan. Dalam rencana pemerintah, festival itu akan berlangsung selama satu bulan penuh dan berlangsung di Masjid Agung Sultan Sulaiman Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara. Sejumlah perlombaan bernuansa islami turut digelar, termasuk mengadakan bazar untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dispar Kukar, Triyatma, menjelaskan pemerintah daerah telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, antaranya bersama pengurus Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, untuk menyukseskan acara tersebut. Ia mengatakan sementara seluruh persiapan festival telah mencapai 100 persen dan siap digelar selama 30 hari hingga akhir Ramadhan.

“Jadwalnya Festival Ramadhan dilaksanakan mulai tanggal 11 Maret hingga 10 April nanti,” ungkap Triyatma, pada Kamis, 7 Maret 2024.

Ia kemudian menginformasikan kegiatan yang diperlombakan hampir serupa seperti tahun-tahun sebelumnya. Terutama berkaitan dengan kegiatan religi.
Seperti lomba anak soleh, yakni perlombaan keaktifan anak-anak melaksankan ibadah di Masjid Agung Sultan Sulaiman. Sebagai cara penilaian, anak-anak akan disediakan catatan oleh panitia dan akan menerima tanda tangan dari imam masjid usai ibadah shalat lima waktu dan tarawih.

“Lomba kategori anak soleh di peruntukkan bagi anak-anak sekolah dasar, sementara perlombaan lain akan digelar di panggung yang disediakan,” tuturnya.

Disamping itu selama pelaksanaan Festival Ramadhan pihaknya turut melibatkan pelaku UMKM untuk mengisi booth yang telah disiapkan oleh panitia, kata Triyatma. Setidaknya ucapnya, ada puluihan pedagang kuliner dan kerajinan tangan yang akan ikut memeriahkan festival tersebut.

“Jadi festival ini tidak hanya mengangkat kearifan budaya dan keagamaan tetapi memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan pengasilan untuk perekonomian mereka, “akhirinya. (*adv/diskominfokukar)