AdvetorialArtikel

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsangsaan Berlangsung di Kelurahan Maluhu

14
×

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsangsaan Berlangsung di Kelurahan Maluhu

Share this article

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Zainal Arifin, melakukan kegiatan sosialisasi emapt pilar kebangsaan untuk memperkuat pehamaman masyarakat terkait nilai kebangsaan. Sosialisai tersebut turut di terima warga Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara pada Senin, 11 Maret 2024.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan baik dari Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro. Ia mengatakan masyarakat Maluhu merasa antusias bisa mengikuti kegitan tersebut, sebab sosialisasi berharap sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan itu menjadi salah satu cara seluruh stakeholder dan lembaga di kelurahan tersebut untuk turut serta meningkatkan dan mengingat kembali nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

“Nilai-nilai kultur ini sudah mulai berkurang, jadi harus terus diingatkan dan disosialisasikan kepada masyarakat agar tetap menjaga, patuh, dan taat pada 4 Pilar Kebangsaan,” kata Joko.

Dalam sosialisasi tersebut, fokus utama adalah memperkuat pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Tri Joko Kuncoro menekankan pentingnya menyampaikan nilai-nilai kebangsaan ini kepada generasi muda, mengingat nilai-nilai kultural yang mulai berkurang.

Anggota DPD RI, Zainal Arifin, menambahkan urgensi sosialisasi ini terutama setelah berakhirnya Pemilihan Umum (Pemilu), yang dapat memengaruhi tali silaturahmi antarwarga. Meskipun berbeda dalam pilihan politik, Zainal menekankan perlunya merajut kembali persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

Ia kemudian menilai generasi muda juga harus ditekankan sebagai garda terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta melestarikan budaya tradisional di era globalisasi. “Upaya seperti sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini diharapkan dapat memperkuat landasan bangsa Indonesia untuk masa depan yang lebih harmonis dan berkualitas” akhirinya. (*adv/diskominfokukar)