AdvetorialArtikelKominfo Kukar

Desa Batuah Terlibat dalam Program Desa BRILian 2024

1
×

Desa Batuah Terlibat dalam Program Desa BRILian 2024

Share this article

Desa Batuah, Kecamatan Batuah, menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kapasitas seluruh perangkat desa dan masyarakatnya dengan mengambil bagian dalam program Desa BRILian yang digagas oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Langkah ini ditandai dengan partisipasi dalam acara “Kick Off Program New Desa BRILian 2024” secara virtual pada Senin (22/4/2024) lalu.

Dengan tema “Pengembangan Desa melalui Kepemimpinan Kolaboratif di Era Digital”, Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah berharap program ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat desa, termasuk unsur perangkat desa, BUMDes, pelaku usaha, tokoh masyarakat, dan pendamping desa untuk mencapai mandiri, inovatif, terdigitalisasi, dan berkelanjutan.

“Kami telah melakukan persiapan sejak awal dan terus berkoordinasi dengan BRI serta stakeholder lainnya untuk memaksimalkan persiapan,” jelas Kepala Desa (Kades) Batuah, Abdul Rasyid.

Rasyid juga aktif melakukan koordinasi dengan masyarakat melalui penguatan program pemberdayaan. Menurutnya, kolaborasi dengan semua pihak dan inovasi dalam pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat adalah tugas utama seorang kades.

“Kami siap untuk mengikuti lomba Desa BRILian 2024. Semoga upaya kami di desa dapat memenuhi syarat sebagai peserta lomba,” harapnya.

Program Desa BRILian adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat desa oleh PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk, bekerjasama dengan Puslitdesbangda LPPM UNS, diikuti oleh 473 desa dari Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai unsur yang memiliki peranan strategis dalam pembangunan desa, termasuk Plt Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta, Dr. Chatarina Muliana; Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Ir. Harlina Sulistyorini; Kepala Divisi Social Entrepreneurship dan Incubation PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk, Evi Sulistyowati; Kepala Desa Bansari Temanggung sebagai Pemenang Desa Brilian 2023, Herlan; dan Kepala Pusat Penelitian Pedesaan dan Pengembangan Daerah (Puslitdesbangda) LPPM UNS, Dr. Muhammad Hendri Nuryadi. (*adv/diskominfokukar)