AdvetorialArtikelKominfo Kukar

Desa Sebelimbingan Terus Sosialisasikan Bahaya Karhutla

1
×

Desa Sebelimbingan Terus Sosialisasikan Bahaya Karhutla

Share this article

Desa Sebelimbingan dipilih oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sub DAS Belayan sebagai lokasi untuk menyelenggarakan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Acara ini berlangsung di Sekretariat BUMDes Desa Sebelimbingan pada Kamis (25/4/2024).

Kepala Desa (Kades) Sebelimbingan, Sauqani, mengapresiasi keputusan KPHP Sub Das Belayan yang memilih desanya sebagai tempat penyelenggaraan sosialisasi. Ini menunjukkan kepedulian yang tinggi dari KPHP Sub Das Belayan terhadap Desa Sebelimbingan.

Sauqani juga mengungkapkan bahwa sejak terbentuknya Masyarakat Peduli Api (MPA) di Desa Sebelimbingan, kejadian kebakaran hutan hampir tidak pernah terjadi. Ia mengajak seluruh warga Desa Sebelimbingan untuk terus saling mendukung dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari kebakaran.

“Saya mengharapkan agar setiap warga waspada terhadap potensi kebakaran dan siap untuk bertindak cepat dalam penanganannya,” ungkap Sauqani.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kebakaran, seperti musim kering dan aktivitas pembukaan lahan, khususnya lahan gambut, disosialisasikan kepada warga desa. Selain itu, koordinasi dengan Dinas Kehutanan juga menjadi hal yang penting.

Sauqani juga mengajak warga untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dengan menjaga sampah dan dedaunan kering. Sebelum meninggalkan rumah, penting untuk memastikan bahwa tidak ada potensi bahaya kebakaran yang ditinggalkan.

“Saya bangga karena berkat kepedulian kita, tidak ada kebakaran yang meluas di Desa Sebelimbingan,” tutup Sauqani.

Sosialisasi ini menjadi bagian dari upaya bersama dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Warga dihimbau untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan dan untuk menghubungi pihak KPHP Sub Das Belayan apabila akan melakukan pembakaran skala besar. (*adv/diskominfokukar)