AdvetorialArtikel

Transparansi dan Akuntabilitas: Pemdes Batuah Serahkan Laporan LPPD ke BPD Batuah

11
×

Transparansi dan Akuntabilitas: Pemdes Batuah Serahkan Laporan LPPD ke BPD Batuah

Share this article

Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah secara resmi telah menyerahkan laporan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) serta Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) kepada Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) pada Rabu, 27 April 2024 pekan lalu.

Kepala Desa (Kades) Batuah, Abdul Rasyid, menyampaikan hal ini secara langsung. Saat penyerahan, hadir juga Kasi DPMD Kecamatan Loa Janan, kepala desa, BPD, dan pendamping desa.

Rasyid menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah rutin dan merupakan bentuk penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengelolaan keuangan desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Pemdes Batuah berhasil merealisasikan pelaksanaan APBDes Batuah 2023 sebesar 98 persen. Realisasi ini dialokasikan untuk berbagai jenis kegiatan, seperti pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kemasyarakatan.

“Meskipun terdapat sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) karena adanya tambahan kegiatan dari BKDD Kabupaten sebagai hadiah lomba inovasi desa, namun secara persentase, realisasi sudah mendekati 100 persen,” ungkapnya.

Kasi DPMD Kecamatan Loa Janan, Bun Yamin, menyatakan apresiasi terhadap kinerja Desa Batuah, meskipun ada keterlambatan waktu dalam pelaporan. Desa Batuah menduduki urutan ketiga dalam hal tersebut. Kecamatan Loa Janan memberikan apresiasi atas capaian realisasi APBDes 2023 yang dilaksanakan oleh Desa Batuah.

“Kami berharap Desa Batuah terus meningkatkan pengelolaan keuangan desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa yang transparan dan akuntabel,” tutupnya. (*adv/diskominfokukar)