AdvetorialArtikelKominfo Kukar

DP3A Kukar Akan Bentuk MPPA Sebagai Pusat Layanan

3
×

DP3A Kukar Akan Bentuk MPPA Sebagai Pusat Layanan

Share this article

Dalam waktu dekat Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan segera menghadirkan Mall Pelayanan Perempuan dan Anak (MPPA). kehadiran MPPA tersebut sebagai pusat layanan khusus bagi perempuan dan anak yang mengalami permasalahan kekerasan hingga seksual.

Rencananya Mall Pelayanan Perempuan dan Anak (MPPA) berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong.

Sekretaris DP3A Kukar Hero Suprayetno, mengatakan, Pelayanan yang mencakup pemprosesan perkara dan aspek otorisasi merupakan bagian penting dari MPPA. Kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan akan memperkuat upaya DP3A Kukar untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, memastikan bahwa hak dan perlindungan anak-anak di Kukar terjaga dengan baik.
“Kemudian akan ada kerja sama di MPPA. Jika terjadi sesuatu, kita bisa lebih menyederhanakan pelayanan agar para korban tidak mengalami kekerasan di dalam pemerintahan,” kata Hero, beberapa waktu lalu.

Keterlibatan berbagai instansi lintas sektoral dalam MPPA, menunjukkan komitmen untuk mengatasi isu perlindungan anak secara holistik. Meskipun jadwal operasionalnya belum pasti, persiapan yang maksimal dari DP3A menunjukkan keseriusan dalam memastikan MPPA dapat berjalan dengan efektif ketika diluncurkan.
“Polanya masih sederhana, masih inovasi awal. Jadi fasilitasi gedung dan lainnya belum mendukung layaknya mal pelayanan. Yang jelas kita buat kantor utamanya terlebih dulu, Karena kita berharap pengadilan terhadap kekerasan perempuan dan anak tidak perlu ke kantor pengadilan lagi, kita siapkan di MPPA. Sehingga, terpusat disitu saja. Kita juga sudah punya analis hukum, konselor hukum, konselor psikologi, ada konselor klinis juga,” pungkasnya. (adv/diskominfokukar).