AdvetorialArtikelKominfo Kukar

DP3A Kukar Gandeng Bappeda Untuk Pendampingan Pengisian e-Pantau

4
×

DP3A Kukar Gandeng Bappeda Untuk Pendampingan Pengisian e-Pantau

Share this article

Dalam rangka memaksimalkan penyerapan anggaran tahun 2024, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) gandeng Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar untuk pendampingan pengisian aplikasi e-Pantau tahun 2024.

Pelaksanaan tersebut berlangsung di Hotel Harris Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dengan diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dillingkup DP3A Kukar beberapa waktu lalu.

Sekretaris DP3A Kukar, Hero Suprayetno, menyebutkan, bahwa aplikasi e-Pantau ini bentuk kolaborasi antar perangkat daerah, terutama dalam kegiatan dan menunjukkan kesadaran akan pentingnya sinergi lintas sektor dalam upaya peningkatan kualitas.
“Inikan sudah ditetapkan sejak 2021 silam dan ada pembaharuan yang dilakukan oleh Bappeda, maka dari itu perlu dipelajari lebih lanjut agar pengisiannya sesuai dengan kebutuhan yang ada, “ujar Hero.

Pihaknya juga ingin mengukur kemampuan DP3A Kukar dalam hal penyerapan anggaran sekaligus dalam mengimplementasikan sejumlah program kegiatan yang telah ditetapkan sesuai dengan tahapannya.
“Sehingga, untuk laporan akhir tahun nanti dapat muncul akumulasi dalam bentuk digitalisasi. Untuk laporannya sendiri sebenarnya sudah ada dalam bentuk manual, tapi sekarang ini diperbarui dalam bentuk digital, “ungkapnya.

Untuk strategi DP3A dalam proses percepatan penyerapan anggaran dikatakan Hero, apabila berbicara tentang percepatan dan penyerapan anggaran itu sudah otomatis, maka dalam pengisian e-pantau akan terlihat capaian kinerja setiap bidang.
“Dan itu akan menjadi motivasi kita untuk melakukan percepatan penyerapan anggaran yg ada. Hal ini juga berkaitan dengan target-target yang telah ditetapkan, seperti alokasi pembiayaan. Kemudian objek yang dilaksanakan sudah siap, kemudian personil yang melaksanakan sudah siap untuk proses itu. Sehingga, nanti bisa sinkron antara program dan kegiatan di lapangan, “tutupnya. (*adv/diskominfokukar).