AdvetorialArtikelKominfo Kukar

Hardiknas 2024, Pemkab Kukar Gelar Lomba Gerak Jalan

2
×

Hardiknas 2024, Pemkab Kukar Gelar Lomba Gerak Jalan

Share this article

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar lomba gerak jalan pelajar idaman, pada Senin (29/4/2024).

Titik star lomba yang dimulai di Jalan Monumen Timur tersebut diikuti sebanyak 216 regu yang terdiri dari tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Bahkan, para guru-guru sekolah juga turut menjadi pesertanya.
“Lomba tersebut dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dan tujuannya ialah untuk meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Kurikulum Pengembangan Bahasa dan Sastra Perijinan Pendidik Disdikbud Kukar, Joko Sampurno.

Rute gerak jalan yang dilewati para peserta mulai dari depan Monumen Pancasila Tenggarong menuju jalan KH Dewantara. Kemudian memasuki Jalan Mawar menuju Jalan Gunung Pendidik, Jalan Diponegoro, Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Ahmad Yani, Jalan Danau Aji, Jalan Danau Semayang, Jalan Karitini dan finish kembali di depan Kedaton Kutai Kartanegara ing Martadipura.
“Itu rute untuk SMA atau sederajatnya dan guru. Sedangkan untuk pelajar SD dan SMP, dipangkas langsung menuju Jalan Gunung Pendidik,” sebutnya.

Antusias peserta yang mengikuti lomba gerak jalan pada tahun ini dinilai meningkat dibanding dari tahun sebelumnya. Tentunya, hal tersebut menunjukan bahwa minat dan kepedulian terhadap dunia pendidikan sangat baik.
“2023 kemarin sekitar 150 regu saja, saat ini 200 lebih regunya,” ungkapnya.

Ia pun berharap pada momentum Hardiknas ini seluruh sekolah dapat memaknainya dengan baik. Para guru juga diminta untuk meningkatkan kualitas para siswa dan siswi.
“Kami berharap tahun depan momen Hardiknas, khususnya lomba gerak jalan bisa lebih meriah lagi, dengan dikuti lebih banyak jumlah regunya,” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)