AdvetorialArtikel

10 Armada Pengangkut Sampah Didistribusikan di Kecamatan Kota Bangun Darat”

4
×

10 Armada Pengangkut Sampah Didistribusikan di Kecamatan Kota Bangun Darat”

Share this article

Kecamatan Kota Bangun Darat, Kutai Kartanegara (Kukar), secara bertahap mulai menangani masalah sampah di wilayahnya dengan mendapatkan distribusi armada pengangkut sampah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Sebanyak 10 desa di Kecamatan Kota Bangun Darat menerima armada pengangkut sampah roda 3 dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar. Penyerahan armada dilakukan langsung oleh Camat Kota Bangun Darat, Julkifli, pada Maret 2024 kepada masing-masing kepala desa (kades).

Julkifli menjelaskan bahwa armada pengangkut sampah ini merupakan hasil pengadaan pada APBD Perubahan Kukar 2023, yang baru diserahkan pada awal 2024 setelah pemenuhan administrasi.

Dengan adanya armada ini, diharapkan desa-desa dapat mengatasi permasalahan sampah secara internal, dengan pengumpulan sampah yang kemudian dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Desa Loleng.

Untuk penanganan sampah jangka panjang, Kecamatan Kota Bangun direncanakan akan menerima dua unit truk besar pengangkut sampah dari DLHK, setelah sampah dikumpulkan dari desa-desa.

“Dengan progres ini, kami berharap dapat lebih efektif dalam penanganan sampah di wilayah kami,” tutupnya. (*adv/diskominfokukar)