AdvetorialArtikelKominfo Kukar

Disdikbud Kukar Gelar Bimtek Untuk Petugas Perpustakan di Sekolah

1
×

Disdikbud Kukar Gelar Bimtek Untuk Petugas Perpustakan di Sekolah

Share this article

Menjadi sektor yang sangat penting, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) tidak henti-hentinya melakukan upaya terhadap peningkata Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah. Selain menyasar kepada para siswa-siswi sekolah, kompetensi bagi petugas perpustakaan juga turut menjadi perhatian untuk ditingkatkan.

Salah satu upaya yang dilakukan, yakni menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang ditujukan kepada petugas perpustakaan Sekolah Dasar (SD), pada Selasa (30/4/2024) di Hotel Grand Fatma Tenggarong. Kegiatan ini diikuti 54 peserta dari 18 kecamatan di Kukar.

Kepala Bidang (Kabid) Kurikulum Pengembangan Bahasa dan Sastra Perijinan Pendidik Disdikbud Kukar, Joko Sampurno, mengatakan, tujuan digelarnya Bimtek ini sangat penting terhadap peningkatan kompetesni para petugas perpustakaan di sekolah.

Apalagi perpustakaan merupakan gudang informasi yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar. Lewat perpustakaan, para siswa dan siswi sekolah dapat menambah ilmu pengetahuan yang lebih luas.
“Jadi Bimtek ini penting untuk dilaksanakan, karena sebagai salah satu unit kerja yang ada di sekolah,” kata Joko.

Lewat Bimtek ini, Joko juga mengimbau para petugas perpustakaan untuk memberikan rasa nyaman kepad siswa-siswi di sekolah. Sehingga, peserta didik memiliki semangat melakukan kegiatan membaca di perpustakaan.
“Untuk menjadi perpustakaan yang ideal, maka dari itu digelar Bimtek bagi petugas perpustakaan,” sebutnya.

Bimtek yang dilakukan ini juga desebut sejalan dengan tujuan pemerintah daerah dalam meningkatkan literasi. Sehingga, memberikan pengetahuan dan wawasan yang luas.
“Literasi itu salah satu penilaian dalam assesmen nasional. Apabila perpustakaan tak dikelola dengan baik, maka nilai literasi pada sekolahan tersebut dibawah standar,” ucapnya.

Joko pun berharap para peserta Bimtek dapat memahami materi yang disampaikan oleh narasumber. Sehingga, ilmu yang didapatkan memberikan manfaat yang baik dan dapat diimplementasikan di masing-masing sekolah.
“Kami berharap peserta Bimtek dapat mengimplementasikan ilmunya di sekolah masing-masing,” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)