AdvetorialArtikelKominfo Kukar

Pertahankan Seni Budaya Daerah Lewat FLS2N

2
×

Pertahankan Seni Budaya Daerah Lewat FLS2N

Share this article

Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Berbagai langkah dan strategi terus dilakukan pemerintah daerah untuk menunjang peningkatan SDM tersebut.

Festival Lomba Seni dan Siswa Nasional (FLS2N) yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, berlangsung pada 29 April hingga 1 Mei 2024, menjadi salah satunya.

Festival yang menyasar kepada siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) ini disambut dengan antusias dari para pelajar. Sebanyak 120 peserta yang mewakili dari tujuh kecamatan di Kukar turut berpartisipasi dalam festival tersebut. Yakni, UPT layanan pendidikan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Anggana, Muara Badak, Marang Kayu, Sebulu dan Kota Bangun.

Terdapat lima kategori yang diperlombakan dalam festifal tersebut, yaitu lomba pantomim, menyanyi, menari, kriya anyam dan lomba menggambar bercerita.
“Kami apresiasi kepala UPT layanan pendidikan dan kepala sekolah serta para guru hingga orangtua yang terlibat secara langsung untuk memberikan dukungan kepada peserta didik untuk mengikuti FLS2N ini,” ujar Kepala Bidang (Kabid) SD Disdikbud Kukar, Ahmad Nurkhalis.

Para guru sekolah juga diminta agar terus meningkatkan kemampuan siswa sesuai dengan minat dan bakatnya. Para guru dapat melakukannya melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Lewat kegiatan itu, potensi peserta didik dapat diarahkan hingga terus berkembang sesuai dengan bakatnya.
“Kami berharap anak-anak kita semakin meningkat kemampuannya, semakin menambah apresiasi kecintaanya terhadap seni dan budaya,” sebutnya.

Selain mengembangkan jiwa seni peserta didik, festival ini juga menjadi bagian dalam rangka pelestarian seni dan budaya daerah. Sehingga, seni dan budaya di Kukar terus eksis dan dikenal lebih luas lagi. (*adv/diskominfokukar)