AdvetorialArtikelKominfo Kukar

Angkat Ciri Khas Lewat Fetival, Bupati Kukar Berikan Apresiasi Untuk Desa Kota Bangun III

4
×

Angkat Ciri Khas Lewat Fetival, Bupati Kukar Berikan Apresiasi Untuk Desa Kota Bangun III

Share this article

Peringati Hari Ulang Tahun ke-41, Desa Kota Bangun III, Kecamatan Kota Bangun Darat meriahkan dengan menggelar festival cenil, pada Sabtu (11/5/2024). Festival cenil yang digelar di gedung serbaguna dan halaman Kantor Desa Kota Bangun III itu juga turut dihadiri oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah.

Antusias Bupati Kukar dengan digelarnya festival cenil ini juga terlihat, hal itu dibuktikan dengan disantapnya beberapa jenis cenil hasil olahan masyarakat setempat yang ada di stan pameran pada festival tersebut.

Bahkan, Bupati Edi juga terlihat sempat ikut berjoget saat anak-anak dari sanggar seni Turonggo setyo Budoyo Dusun Bejo menarikan tari Ganowok. Edi juga sangat mengapresiasi penampilan dari TP PKK Desa Kota Bangun III yang menarikan Tari Gejung lesung.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan oleh Ketua lembaga kesejahteraan Sosial, Markasul Yatama Ali Maghfir kepada masyarakat pra sejahtera yang bersumber dari dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kota Bangun III.

Pada kesempatan itu, ucapan selamat ulang tahun turut disampaikan oleh Bupati Edi lewat sambutannya. Ia juga menyebut di usia yang menginjak 41 tahun ini tentu bukanlah rentang waktu yang singkat bagi eksistensi Desa Kota Bangun III.

Berbagai kemajuan pembangunan disertai dengan pencapaian beberapa prestasi pantas untuk diapresiasi, termasuk juga dengan penyelenggaraan festival cenil.

Kegiatan ini juga dianggap sangat menarik dan kreatif. Tentunya festival ini penting yang menjadi salah satu bagian upaya untuk mengangkat khas dan identititas desa serta menjaga tradisi dan kekayaan budaya yang dimiliki.

“Desa harus di branding agar memiliki ciri khas tersendiri dan hal itu bisa menciptakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat” ujar Edi.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terus dilaksanakan hingga waktu-waktu berikutnya.

“Jangan lupa bulan Mei tahun depan untuk datang ke Desa Kota Bangun III untuk ikut serta meramaikan festival cenil” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)