AdvetorialArtikelKominfo Kukar

Bupati Kukar Beri Penghargaan Untuk Desa Berstatus Mandiri dan Transaksi Non Tunai Tinggi 2023

7
×

Bupati Kukar Beri Penghargaan Untuk Desa Berstatus Mandiri dan Transaksi Non Tunai Tinggi 2023

Share this article

Dalam rangkaian kegiatan apel pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah turut menyerahkan penghargaan kepada 30 desa dengan status desa mandiri tahun 2023. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 20 desa dengan transaksi non tunai tinggi tahun 2023.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di lapangan sepak bola Desa Kembang Janggut, Kecamatan Kembang Janggut, pada Sabtu (11/5/2023).

Ucapan terima kasih dan selamat kepada para Kepala Desa (Kades) yang telah mendapat penghargaan tersebut juga turut disampaikan oleh Bupati Edi. Kategori desa mandiri tersebut bisa dicapai berkat komitmen kuat Kades untuk terus bersinergi dengan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan pembangunan di Wilayahnya.

“Ini merupakan salah satu komitmen Kades untuk pembangunan diwilayahnya, ini juga salah satu bukti keterlibatan masyarakat baik melalui kelembagaan maupun secara personal” ujar Edi Damansyah.

Bagi desa yang sudah mencapai kategori desa mandiri juga diminta untuk terus konsisten, terutama untuk terus berbenah memperbaiki dan melakukan Evaluasi pembangunan yang ada di wilayah masing-masing.

Sedangkan bagi desa-desa yang belum mencapai kategori mandiri, para Kades diminta agar berkomitmen untuk menjalankan amanah masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa.

“Jika berkomitmen kuat dan konsisten, InsyaAllah pembangunan akan berjalan dengan baik. Kalau kita semua berkomitmen dan konsisten maka tidak ada yang tidak bisa kita capai” tuturnya.

Apalagi saat ini eranya digitalisasi, sehingga semua sudah tidak dapat di tutup-tutupi dan semua rekam jejak pasti akan terlihat. untuk itu, Bupati Edi mengajak desa untuk semangat serta komitmen menjalankan amanah masyarakat dengan baik, melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembangunan di wilayah masing-masing. Sehingga, kerja bersama bisa diwujudkan dengan tujuan akhir untuk bisa memakmurkan masyarakat yang ada di wilayah desa dan kelurahan masing-masing.

30 desa yang mendapatkan status desa mandiri tahun 2023, diantaranya Desa Anggana, Desa Sidomulyo, Desa Hambau, Desa Loa sakoh, Dea long Beleh Modang, Desa Muai, Desa Perdana, Desa Pulau Pinang dan Desa Kahala. Kemidian Desa Kayu Batu dan Desa Muara Leka.

Sementara itu penghargaan desa dengan transaksi Non tunai tinggi tahun 2023. Dianraranya Desa Kupang Baru, Desa Tunjungan, Desa Gunung Sari, Desa Tabang lama, Desa Umaq Dian, Desa Giri Agung, Desa MuaraTuboq, Desa Tukung Ritan, Desa Buluk Sen dan Desa Muara Kebaq. (*adv/diskomnfokukar)