AdvetorialArtikelKominfo Kukar

Pemkab Kukar Gelar Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke-21

15
×

Pemkab Kukar Gelar Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke-21

Share this article

Dalam rangka memperingati Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-21 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) gelar gotong royong secara serentak di seluruh Kecamatan.

Puncak rangkaian peringatan BBGRM tersebut dilaksanakan di Kecamatan Kembang Janggut.
“Kegiatan BBGRM telah dilaksanakan dari tingkat desa kelurahan dan kecamatan di Kukar secara serentak, besok kita akan melakukan kegiatan puncaknya dipusatkan di Kecamatan Kembang Janggut”, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Arianto, pada saat pelaksanaan gotong royong di jalur dua Tenggarong Seberang, pada Jumat, (10/5/24).

Gotong royong bersjh-bersih jalan di jalur dua Desa Bukit Raya, Tenggarong Seberang tersebut dilakukan bersama Bupati Kukar, Edi Damansyah beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar, Palang Merah Indonesia (PMI) Kukar, Pramuka dan masyarakat sekitar.

Kegiatan BBGRM merupakan upaya untuk menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam membangun daerah. Gotong royong ini juga menjadi salah satu program yang dilaksanakan melalui program Kukar Idaman dengan jargonnya, “Betulungan Etam Bisa”.

Gotong royong tidak hanya pada peringatan BBGRM saja dilakukan. Bahkan, tiap hari, minggu atau bulan juga turut dilakukan. Berkaitan dengan hal itu, program Kukar Idaman melalui program Rp 50 juta berbasis Rukun Tetangga (RT) juga turut direalisasikan, dimana salah satu dalam program tersebut ada pembiayaan untuk kegiatan gotong royong ditingkat RT.

“Tema BBGRM tahun ini, Giatkan Gotong Royong untuk Lestarikan Leluhur Bangsa Dalam rangka Menyongsong Ibu Kota Nusantara (IKN). Melalui tema ini, diharapkan budaya leluhur kita ini tidak pernah hilang tergerus jaman modern dan harus terus kita ingatkan kepada generasi muda, pentingnya gotong royong ini”,tutupnya. (*adv/diskominfokukar)