AdvetorialArtikelKominfo Kukar

Sekkab Kukar Lepas Kirab Drumband GSCL Latsitarda Nusantara 2024

3
×

Sekkab Kukar Lepas Kirab Drumband GSCL Latsitarda Nusantara 2024

Share this article

Kirab Drumband Genderang Suling Canka Lokanata (GSCL) Latihan Integritas Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV 2024 secara resmi dilepas oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono, pada Minggu (12/5/2024).

Dihadapan Sekkab Kukar, Sunggono, Dandim 0906/Kukar, Wakapolres, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar serta tamu undangan lainnya, GCSL Latsitarda menunjukan atraksinya.

Latsitarda merupakan realisasi atas kegiatan Taruna Akmil, AAL, AAI dan Akpol tingkat akhir sebelum menyelesaikan tugas pendidikan dan dilantik menjadi perwira oleh Presiden Republik Indonesia (RI) pada Juli 2024 mendatang.

“Kontingen Latsitarda ini selain memupuk dan memantapkan kemanunggalan TNK-Polri dengan masyarakat, menanamkan dan menumbuhkembangkan jiwa kejuangan, cinta tanah air serta semangat integrasi seluruh peserta latihan dan mahasiswa sebagai upaya membangun soliditas TNi-Polri dan masyarakat. Mereka juga akan membantu pembangunan yang ada di Kabupaten Kukar ini,” ujar isi dalam sambutan Bupati Kukar yang dibacakan Sekkab Kukar, Sunggona.

Kegiatan yang dilakukan Latsitarda diantaranya, pelaksanaan sasaran fisik karya bakti yang berupa perbaikan rumah ibadah, pos Kamling, dan rumah tidak layak huni. Selain itu, pembersihan saluran air, sungai, perbaikan jalan dan pembuatan tugu.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun di beberapa kabupaten/kota ini untuk membantu pembangunan daerah. Pelaksanaan kegiatan ini juga dalam rangka melanjutkan hubungan kerja sama yang baik antara Pemkab Kukar dengan jajaran TNI dalam menjalankan proses pembangunan yang berfokus pada pembangunan infrastruktur tani, rehabilitas rumah tidak layak huni dan beberapa kegiatan lain dalam rangkaian program karya bhakti TNI.

Latsitarda ini juga menyasar kepada kegiatan non fisik, diantaranya riset sosial, penyuluhan kesehatan dan narkoba serta wisata sejarah dan pendidikan kesadaran bela negara.
“Utamanya latihan ini akan melengkapi kompetensi peserta latsitarda sekalian. Sehingga, benar-benar siap untuk melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” sebutnya.

Turut disampaikan juga kepada peserta Latsitarda, bahwa Pemkab Kukar juga tengah berfokus pada proses pembangunan ekonomi berbasis non ekstraktif. Secara konsisten berupaya membangun sektor pertanian dalam arti luas sebagai kekuatan masa depan perekonomian yang juga ditopang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kukar juga tengah bersiap untuk menjadi lumbung pangan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan lahannya yang luas dan sangat potensial mengembangkan pertanian dalam arti luas.

Komitmen Kukar dalam peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan juga menjadi modal dasar dalam pembangunan manusia yang unggul dan berdaya saing. Memperkuat pembangunan berbasis pemberdayaan juga turut dilakukan. Bahkan, serangkaian upaya strategis juga diterapkan dalam memberikan ruang kepada masyarakat untuk dapat mengembangkan potensi yang diharapkan Latsitarda bisa memberikan sumbangsihnya terhadap tiga hal tersebut.

Kegiatan tersebut juga diharapkan menjadi latihan paripurna. Sehingga, benar-benar siap melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa dan negara Indonesia yang siap menjadi abdi negara serta motor penggerak menuju Indonesia Maju,” pungkasnya. (*adv/diskominfokukar)