AdvetorialEkonomi

Pabrik Mini! Solusi Atasi Minimnya Pasokan Pakan Ayam Petelur

6
×

Pabrik Mini! Solusi Atasi Minimnya Pasokan Pakan Ayam Petelur

Share this article

Kaltim12.com, Sangatta – Kebutuhan telur di Kutai Timur dalam setiap harinya masih dapat disuplai oleh para peternak ayam petelur, namun kondisi itu tidaklah dapat dikatakan aman jika terjadi kendala minimnya suplai pakan yang selama ini diperoleh dari daerah lain.

Berkaca pada beberapa waktu lalu, dimana terjadi inflasi ekonomi yang mendorong kenaikan sejumlah harga barang kebutuhan pokok. Yang dapat terkendali secara harga maupun pasokan di Kutim adalah telur ayam. Namun memang disadari harga pakan ternak tak dapat dikontrol, beruntung peternak waktu itu memiliki pasokan pakan berlebih.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Dyah Ratnaningrum menganjurkan agar para juragan ataupun peternak ayam petelur, dapat membuat pabrik mini pakan. Setelah sebelumnya, ia bertemu dengan Asosiasi Peternak Ayam Petelur di Kutim yang menyadari kesulitan mereka untuk pengadaan pakan ternak.

“Saya menyarankan agar membuat pabrik mini pakan. Karena peternak-peternak ayam petelur merupakan orang-orang mampu (miliki modal, red). Distanak akan membantu perihal pengadaan mesin grinder atau penggiling, mesin pembuat pelet, terlebih pakan utamanya adalah jagung. Komoditas yang cukup banyak ketersediannya di Kutim,” ungkap Kadistanak pada Selasa (1/11/2022).

Jagung maupun ikan-ikan sebagai sumber protein untuk pakan ternak dapat ditemukan dengan mudah pasokannya di wilayah Kutim. Dengan peternak memiliki pabrik mini pakan, maka otomatis akan mempermudah dan mengatasi masalah perihal pasokan pakan selama ini yang diperoleh dari daerah lain.

“Ketergantungan akan pasokan pakan ternak dari daerah lain, selama ini amatlah tinggi. Jika harga pakan naik, maka berdampak pada harga telur pula,” terangnya. (ADV-KOMINFO/War/Ran)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *