AdvetorialKominfo Kukar

Pemkab Kukar Prioritaskan Peningkatan SDM dan Layanan Dasar di Tahun 2024

7
×

Pemkab Kukar Prioritaskan Peningkatan SDM dan Layanan Dasar di Tahun 2024

Share this article

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menegaskan fokusnya pada peningkatan layanan dasar dan Sumber Daya Manusia (SDM) pada tahun 2024. Ini merupakan prioritas yang tertuang dalam rencana kerja prioritas daerah.

Pemkab Kukar telah menetapkan 10 rencana kerja prioritas, termasuk pembangunan infrastruktur pendidikan, peningkatan SDM melalui program beasiswa, infrastruktur kesehatan, jalan dan jembatan, perumahan, perdagangan, serta sektor pertanian.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, menyatakan bahwa pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan bertujuan untuk meningkatkan mobilitas manusia serta barang dan jasa. Di sektor pertanian dan perkebunan, akan dilakukan pembangunan embung, jalan produksi, normalisasi irigasi, serta bantuan sapras perikanan.

Terakhir, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, rencana pembangunan atau revitalisasi pasar juga telah disusun.

“Rencana kerja prioritas daerah tahun 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ungkap Edi.

Infrastruktur pendidikan meliputi pembangunan sekolah SMP baru, mebeler untuk siswa, dan ruang kelas baru untuk SD dan SMP. Program Beasiswa Kukar Idaman juga disiapkan untuk berbagai tingkatan pendidikan.

Dalam bidang kesehatan, Pemkab Kukar akan membangun fasilitas kesehatan (faskes) seperti puskesmas dan Posyandu, serta melanjutkan pembangunan rumah sakit di beberapa kecamatan.

Untuk sektor perumahan dan permukiman, rencana pembangunan meliputi Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), sistem penyediaan air minum, infrastruktur sanitasi, dan perbaikan rumah tidak layak huni. (*adv/diskominfokukar)